Rabu, 28 November 2012


Tahun Iman, Renungan Adven Bertemakan "Mendoakan Dan Mendalami Pengakuan Iman".

Pastor B. Doso. S, Pr
Pembekalan Pemandu Materi Adven Paroki St. Yusup Kotabaru dilaksanakan pada hari Selasa, 27 November 2012 Pk. 16.00 s/d selesai bertempat di Pastoran Katolik "Damai Bagimu" disampaikan oleh Pastor Antonius B. Doso Susanto, Pr. 
Sekitar 20 pemandu dari beberapa Komunitas Kota mendapatkan pembekalan ini. Dalam sambutannya Pastor Paroki St. Yusup Kotabaru menyatakan permohonan maaf karena dalam perencanaannya akan dilaksanakan hari Senin, 26 November 2012 Pk. 18.30 WITA bertempat di Gereja Katolik jl. Singabana 94 Kotabaru. Kegiatan ini diundur karena saat itu Pastor Doso diperkirakan sampai di Kotabaru kurang lebih Pk. 21.00 setelah memberikan Pembekalan Pemandu Materi Adven di Paroki Stella Maris Sungai Danau. 
Kedatangan Pastor Doso di Kotabaru benar seperti yang diperkirakan sebelumnya, yaitu sekitar pk. 21.00 bersama Bp. Karman, Bp. Dwi yang menemaninya. Pastor Doso mengalami hambatan saat melewati jembatan yang diperbaiki di Tanah Bumbu. Maka ada alternatif yang ditawarkan oleh Pastor Doso, bagaimana kalau dilaksanakan besok sore (tanggal 27 red.). Tawaran itu di sambut baik oleh pemandu sehingga malam itu dibatalkan.

Peserta Pembekalan Pemandu Adven 2012
Dalam  pembekalan yang berlangsung banyak hal di sampaikan oleh Pemandu. Diantarannya tentang kekhasan Gereja Katolik yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik. Apakah nggak akan terasa kaku bila Gereja menyatakan Kesatuan dan berpusat, sehingga perayaannya tidak dapat inkulturasi dengan budaya setempat? Gereja yang bersifat Satu merupakan hakekat Gereja yang menyatu dalam diri Allah yang kudus dipersatukan oleh Roh Kudus. Tentang Inkulturasi Gereja cukup hati-hati, dan mestinya juga Pastor harus hati-hati dalam menggunakan budaya yang akan dimasukkan dalam Ekaristi, sebab bisa jadi salah.

Beberapa pemandu juga berharap akan materi pendukung pendalaman dari KHK (Kitab Hukum Kanonik), KGK (Katekismus Gereja Katolik), KKGK ( Kompendium Katekismus Gereja Katolik), dan juga Dokumen Konsili Vatikan II. 

Pertemuan berjalan lancar dan karena Pastor Doso terjadwal di Paroki St. Vincencius A Paulo sore itu juga, maka setelah selesai penyampaian Pendasaran dan bahan Pendalaman Beliau mohon diri dan meluncur ke Tanah Bumbu. Peserta yang hadir masih menyempatkan waktu untuk bersama-sama dengan Pastor Paroki untuk membicarakan beberapa hal praktis dalam Pendalaman Adven tahun 2012 ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar